Feeds RSS

Rabu, 18 November 2009

BERBAGAI ANCAMAN YANG BERPOTENSI MERUSAK SISTEM KOMPUTER

BERBAGAI ANCAMAN YANG BERPOTENSI MERUSAK SISTEM KOMPUTER

Pada zaman sekarang banyak sekali kejahatan yang dilakukan manusia bukan saja ada di dunia nyata melainkan telah merambah dunia maya. Berbeda dengan akibat yang ditimbulkan dalam dunia nyata, kejahatan dalam dunia maya “hanya” mengaklibatkan jatuhnya korban pada system computer yang dipakai. Meskipun tidak ada yang terluka secara fisik kejahatan dalam dunia computer tetap berdampak pada pengguna computer korban kejahatan tersebut. Dan dapat merugikan terutama kerugian dari segi waktu, belum lagi ongkos kerja yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan computer. Lalu biaya lainya yang harus dikeluarkan untuk melaksananakan perbaikan computer ini.
Oleh karena itu mengamankan sebuah computer atau jaringankomputer yang terhubung ke internet merupakan perkara teramat pokok, khususnya jika dalam computer atau jaringan tersebut tersimpan inforamsi penting. Karena itu agar dapat lebih waspada menghadapi setiap ancaman kejahatan yang dating via internet. Pengetahuan aneka ancaman ini berikut penangkalnya harus dimiliki oleh setiap pengguna PC terhubung ke internet.
Untuk membantu mengidentifikasi aneka ancaman dan gangguan yang muncul dari internet, uraian berikut ini bias menjadi rujukan berguna saat anda menjelajahi aneka situs web di internet. Berikut ini cara untuk melindungi diri dari dunia maya:
1. Virus
Virus computer meminjam namanya dari virus biologis. Istilah “virus” sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti “cairan berlumpur” atau “racun”. Karena cara kerjanya sama.
Hasil pengandaan ini kemudian akan menyebar ke suatu program, media penyimpana seperti hardisk, atau dokumen tertentu. Sebagian virus akan begitu beraksi bila kode yang mengaktifkanya dijalankan. Beberapa lagi menunggu secara diam-diam sampai sebuah kondisi tertentu memicu dijalankanya virus tersebut oleh computer.
Yang kita tahu ada 3 jenis virus:
a. Penginfeksian file (file infection) jenis virus ini merupakan virus yang bekerja dengan cara menempelkan dirinya sendiri ke file-file program berektensi tertentu.
b. Penginfeksi system atau boot record hardisk virus ini merupakan jenis virus yang menjangkiti boot sector pada disket atau pada master boot record dalam hardisk.
c. Virus makro virus ini merupakan jenis virus yang banyak dijumpai pengguna computer. Virus ini umumnya menyerang software pengolah.
2. Trojan Horse
Trojan horse merupakan program diman a kode jahat atau berbahaya berdiam dalam sebuah program yang tidak berbahaya.
Mendeteksi dan membasmi Trojan bias dilakukan dengan cara memsang dan menjalankan antivirus-antivirus yang beredar di pasaran. Karena Trojan horse ini tersembunyi dalam program tertentu yang terlibal.
3. Spyware
Spyware ini merupakan sebuah program yang dipakai untuk megumpulkan aneka informasi dari sebuah computer. Namun proses pengumpulan informasi ini berlangsung tanpa sepengetahuan dan seijin penggunanya.
Beberapa screen saver gratis juga kadang-kadang disisipi spyware.

0 comments:

Posting Komentar